Sabtu, 16 Mei 2015

10 Hal yang Wajib Dihindari Agar Memiliki Rekening Gendut Secara Halal


Memiliki rekening gendut bukanlah sesuatu yang salah. Asalkan itu berasal dari cara yang baik dan tidak menimbulkan kerugian negara atau perusahaan. Dan rasanya hampir setiap orang visioner memiliki target per bulan harus menyisihkan uang ke tabungannya berapa.  Namun kadangkala, tanpa kita sadari target-target tersebut berantakan hanya karena hal sepele yang tidak kita sadari kita lakukan.

Apa saja hal-hal sepele tersebut? Berikut simak baik-baik:

1.  Jangan Konsumtif dan Hedonis
Jika Anda mengeluarkan banyak uang untuk hal yang kurang penting, seperti sering naik taksi, pergi ke cafe kemudian belanja sepatu dll, cobalah Anda batasi. Setiap kali Anda melakukan belanja terlalu boros maka hal itu menyebabkan tabungan Anda tidak bertambah banyak dan mulai saat ini Anda harus menganggap belanja boros itu hal yang buruk.

2. Usahakan membeli barang dengan penawaran terbaik
Di era kecanggihan teknologi semakin banyak aplikasi lifestyle yang menawarkan berbagai kemudahan dan penawaran dalam berbelanja. Carilah penawaran terbaik untuk berbagai hal. Mulai dari tiket pesawat, maupun fashion dan sebagainya. Namun ingat kembali poin pertama tadi. Anda tidak boleh konsumtif atau hedonis

3. Jangan membeli makan siang di kantor
Kebanyakan orang ingin simpel dan tak repot dengan membeli makan siang saat bekerja. Namun membuatnya sendiri dari rumah itu lebih baik. Makanan siap saji terbilang mahal dibanding buatan sendiri. Dan harganya pun bisa naik dalam kurun waktu lebih dari setahun.

4. Jangan membeli kopi harian
Banyak orang merasa lemah pada ide menangani hari kerja tanpa kopi, beralihlah dari membeli kopi di cafe/warung ke kopi buatan Anda sendiri di rumah/di kantor. Karena ini bisa menghemat dengan serius pengeluaran Anda.

5. Jangan belanjakan gaji Anda dengan sesuka hati
Meski terlihat sulit, namun kebanyakan orang mampu menyisihkan uangnya setiap minggu. Mulai dari 50rb-100rb, jumlah tersebut akan terus bertambah sepanjang tahun dan bisa membantu untuk mengurangi secara serius pada hutang dan tagihan Anda di Akhir tahun.
Tetap simpan uang Anda pada celengan, botol atau amplop dan letakan ditempat yang terlihat pada rumah Anda, sehingga setiap kali Anda melihatnya Anda selalu menambahkan uang.




6. Jangan menggunakan ATM
Jika Anda mengambil uang di ATM setiap minggu, maka Anda akan menghabiskannya lebih dari yang butuhkan. Silahkan hitung biaya pengeluaran Anda selama seminggu, kemudian ambilah uang Anda di ATM sesuai dengan hitungan dan jangan gunakan ATM kembali untuk berbelanja. Hal ini akan menghentikan pengeluaran yang melebihi anggaran dan tidak perlu.

7. Berhenti menghabiskan uang pada saat keluar Rumah
Keluar rumah adalah kesempatan besar untuk bersosialisi, dan membiarkan Anda menggunakan uang Anda untuk makanan, minuman, taksi dan tip dengan harga yang mahal.
Gunakan waktu dalam sebulan satu minggu saja untuk berdiam diri di rumah untuk mengumpulkan uang. Undang teman-teman Anda ke rumah untuk menonton sebuah film di DVD, dan saat itu Anda tidak akan melihat dan menggunakan uang Anda.

8. Jangan biarkan uang terpakai tanpa nota/catatan
Gunakan waktu satu minggu untuk menuliskan pengeluaran Anda setiap hari. Ini adalah cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak Anda menghabiskan uang setiap pekannya. Jika Anda bekerja menggunakan transportasi umum secara tertur Anda akan mengeluarkan biaya lebih murah. Dan bertanyalah pada diri Anda, “Apakah minggu ini Anda menghabiskan uang untuk hal yang tidak penting?"

9. Janganlah memilih makan malam diluar jika bisa makan di rumah
Makanan yang dibuat di rumah memang lebih murah dibandingkan membelinya dari restoran yang harganya bisa 3 kali lipat dari anggaran masak dirumah.
Cobalah membuat daftar menu mingguan dan belanja pada awal minggu agar mencegah Anda untuk memesan dari restoran.

10.  Janganlah menduga duga biaya

Banyak orang yang menduga duga biaya untuk menabung, dan mereka tidak mengetahui untuk apa mereka menabung. Apakah Anda ingin membeli rumah, mobil dan membayar uang sekolah? Fokuslah pada tujuan dan pada apa yang Anda ingin capai.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com