Rabu, 20 Mei 2015

Apa Itu Refinery dan Fungsinya

Refinery merupakan salah satu kegiatan pengolahan emas. Fungsi refinery adalah mengolah emas, dalam kadar apa pun menjadi cetakan dengan tingkat kemurnian tinggi. Umumnya standard yang diterima adalah 99%, 99,5%, 99,9% dan 99,99%.

Ada 4 tahapan dalam proses Refinery:

Assaying(Pengujian) Merupakan proses untuk mengecek kadar emas yang akan dimurnikan. Tujuannya untuk mengecek apakah emas tersebut asli atau tidak. Fungsi Assaying juga untuk mengetahui kandungan emas didalamnya.

Purifying/Refining(Pemurnian) – Adalah sebuah proses untuk memurnikan logam emas yang ada dari kadar rendah menjadi kadar tinggi. Umumnya dipurifikasi hingga kadar 99.99%.

Manufacturing/Stamping(pencetakan) – Proses pencetakan bahan baku emas murni menjadi emas batangan. Biasa akan di cetak dengan merk perusahaan refinery, kadar kemurnian dan kode seri (opsional).

Packaging (pengepakan) – Proses pengemasan barang hasil cetak. Disini biasanya refinery membuat packaging sertifikat menyatu dengan emas. Sebelum pertengahan tahun 2013, Antam masih memisahkan sertifikat dengan emas. Tapi kali ini sudah di segel / packing menjadi satu. Untuk emas PT King Halim dan PT UBS sementara ini masih dipisah.

4 Tahapan yang dilalui ini jauh lebih murah biayanya dibandingkan proses pembuatan perhiasan. Umumnya proses pembuatan koin dan batangan tidak jauh berbeda. Karena modelnya yang generik dan tidak terlalu bervariasi. Wajar jikalau investasi dalam emas batangan dan koin relatif lebih cepat balik modal ketimbang perhiasan.

Emas adalah emas. Apapun bentuknya… yang terpenting adalah tingkat kemurniannya. Terkadang merchant membeda-bedakan harga buyback (pembelian kembali) dikarenakan ada biaya manufaktur terkait.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com